Kenapa ya, android aku ini beda dengan android aku sebelumnya? Apa aku salah pilih tipe HP? Pernah tidak terlintas pikiran negatif seperti di atas terlintas saat kamu menemukan kesulitan mengatasi memori Internal yang sering penuh padahal tidak ada aplikasinya?

Kalau pernah, sebaiknya hindari dan buang jauh-jauh pikiran negatif kamu tadi. Sebenarnya kamu cuma butuh cara mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi. So, chek this out ya, Nonatekno akan membahas secara lengkap biar tidak sebal sama android kamu lagi.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui mengapa memori internal android kamu cepat sekali penuh padahal tidak ada aplikasi, agar kamu segera bisa mengatasinya. Kali ini aku akan bagikan 5 cara jitu tanpa root yang pernah aku terapkan pada android aku. Yuk simak selangkapnya.

1. Hapus cache atau file-file sampah yang dihasilkan dari aplikasi

Biasanya,  memori internal android akan cepat penuh ketika kamu tidak sadar bahwa file-file sampah atau cache di android kamu sudah mulai menumpuk. Makanya, kamu perlu segera menghapus cache-cache tadi dari aplikasi yang sudah terinstal dengan cara masuk ke menu Pengaturan/Setting, lalu pilih Manager Aplikasi. Bukalah aplikasi yang ingin kamu bersihkan, lalu kamu musti perhatikan dan klik pada Hapus Memori.

2. Periksa beberapa data offline dari aplikasi online

Beberapa aplikasi seperti streaming Youtube, Joox, dan Spotify bisa menyimpan data secara offline. Semakin banyak data yang diunduh di streaming Youtube, Joox, dan Spotify, akan semakin banyak data yang tersimpan secara offline di memori internal kamu, makanya kamu harus rutin periksa data offline ya, lalu segera hapus data-data offline yang tidak kamu perlukan lagi.

READ  Cara Mengatasi Hp Ngeblank Oppo

3. Pindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal android kamu

Alternatif ketiga cara mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi adalah dengan memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal (kartu SD) android kamu. Cara ini cukup ampuh loh buat kamu gunakan, karena akan langsung bisa mengosongkan atau mengurangi kapasitas di memori internal android kamu tadi.

4. Hapuslah aplikasi android bawaan yang tidak kamu perlukan lagi

Kebiasaan yang kurang baik para pemilik android adalah seringnya mengunduh aplikasi. Setiap ada aplikasi terbaru, hampir semuanya diunduh, lalu selanjutnya tidak dihiraukan lagi apakah aplikasi tadi masih dipakai atau tidak.

Saranku, kamu musti jeli mengecek aplikasi yang tidak kamu gunakan tadi. Kalau sudah berhasil, kamu bisa menulis artikel dan berbagi cerita di jasa content placement Nonatekno. Kalau kamu cek aplikasi yang tidak perlu, terus kamu hapus dari android kamu, otomatis memori internal kamu jadi longgar lagi. Dan pastinya HP kamu tidak akan lemot lagi.

5. Kamu perlu menghapus data Logcat

Akhirnya, sampai juga aku pada bagian terakhir rekomendasi buat kamu mengatasi memori internal kamu yang tiba-tiba penuh begitu saja. Cobalah kamu periksa data Logcat kamu. Kalau kamu masih bingung apa itu data Logcat, itu adalah data Log yang tersimpan di memori internal android kamu. Dan sebenarnya, data Logcat ini adalah hasil dari sampah aplikasi.

Tetapi, untuk dapat menghapus data Logcat ini kamu tidak bisa melakukannya secara langsung. Artinya, kamu butuh semacam aplikasi khusus. Semisal, pada HP merk Samsung, kamu bisa gunakan aplikasi Dumpstate Logcat Samsung dengan cara menekan #9900# pada tombol panggilan. Kamu tidak perlu klik pada tombol Panggil, nanti akan muncul halaman baru yaitu SysDump. Nah, dari sini ada beberapa pilihan, pilih Delete Dumpstate/Logcat untuk bisa dihapus. Kalau kode tadi masih tidak bisa digunakan, kamu bisa menggunakan beberapa kode alternatif pilihan seperti *#7780# atau *2767*3855#

READ  Cara Upgrade Account Zoom ke Pro Tanpa Kartu Credit dan Paypal

Tidak terasa sudah sampai pada penutup. Itu tadi kelima cara mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi yang pernah aku terapkan di android aku. So far, semuanya pernah berhasil aku lakukan. Semoga bisa kamu terapkan juga di android kamu. Jangan lupa untuk like, share, or comment pada kolom komentas. See you. ^__*