Inilah Berbagai Cara Untuk Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai – Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips berupa cara untuk merawat mobil yang jarang dipakai beserta penjelasannya. Beberapa cara ini sangat cocok untuk anda yang jarang memakai mobil ketika bepergian keluar rumah, sehingga mobil anda jarang sekali dipakai ataupun dirawat.

Sebagian orang pasti pasti membutuhkan mobil, terutama di daerah perkotaan. Kami telah melansir dari situs Innova, bahwa kendaraan mobil memang menjadi alternatif untuk bepergian secara nyaman dan juga cepat. Tetapi, terkadang orang-orang juga malas untuk memakai mobil pribadi dan memilih untuk menaiki kendaraan umum.

Apalagi pada saat situasi pandemi seperti sekarang ini, hal tersebut akan memungkinkan mobil milik anda lebih sering diparkir didalam garasi dikarenakan jarang sekali dipakai untuk bepergian keluar rumah. Hal tersebut memang tidak masalah, tetapi jika mobil tersebut tidak pernah dirawat akan menimbulkan masalah bahkan kerusakan pada mobil anda.

Untuk itu, justru anda harus benar-benar memperhatikkan dan merawat kondisi mobil agar tetap prima meskipun jarang dipakai. Kami telah menyiapkan beberapa cara untuk merawat mobil yang jarang dipakai, anda bisa menyimak caranya dibawah ini.

 

Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

1. Membersihkan Bagian Interior

Cara pertama untuk merawat mobil yang jarang dipakai adalah dengan membersihkan bagian interiornya. Anda perlu membersihkan bagian interior dari sisa makanan, sampah karcis parkir, ataupun barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Cara ini sangat penting untuk dilakukan, apalagi pada situasi maraknya wabah virus sekarang ini. Tidak lain tujuan dari membersihkan bagian interior pada mobil adalah bersarangnya virus dan merawat kabin mobil dari aroma yang tidak sedap.

READ  Jenis - jenis Sumber Daya Alam (SDA) Dan Macam dan Contohnya

 

2. Membersihkan Bagian Eksterior

Tidak hanya bagian interior, pada bagian eksterior juga penting untuk dirawat dan dibersihkan. Cara ini juga sangat penting untuk dilakukan, karena apabila bagian ini kotor dan tidak pernah dibersihkan akan menimbulkan korosi ataupun gangguan pada cat serta watermark serta jamur pada kaca.

Agar hal tersebut tidak tejadi. oleh karena itu anda harus merawat dan menjaga bagian eksterior agar tetap dalam kondisi yang bersih.

 

3. Cek Bagian Oli Mesin

Apabila anda sering tidak memakai mobil dalam keadaan yang sangat lama, anda perlu memastikan kondisi oli mesin mobil berada pada volume yang cukup ataupun penuh. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada sisa ruang yang bisa menimbulkan embun yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Alangkah lebih baiknya lagi anda menguras oli tersebut lalu menggantinya dengan oli yang baru, supaya mesin mobil tetap terjaga kondisinya.

 

4. Panasi Mobil Setiap Harinya

Cara ini sangat cocok untuk anda yang jarang memakai mobil untuk bepergian, dan cara ini sudah umum dilakukan banyak orang. Dengan memanaskan mobil setiap harinya, akan membuat kondisi mesin dan bagian-bagian mobil lainnya tetap normal dan terjaga.

Meskipun apabila anda tidak bisa melakukannya setiap hari, anda bisa melakukan cara ini dua hari sekali. Cara ini bertujuan agar komponen pada mesin selalu terlumasi dan dapat mencegah korosi.

 

5. Mengisi Bahan Bakar Mobil Dengan Penuh

Apabila anda memutuskan untuk tidak memakai mobil dahulu untuk bepergian, anda perlu memastikan kondisi tangki bahan bakar pada mobil dalam keadaaan penuh. Kenapa demikian? Karena apabila tangki bahan bakar pada mobil tidak diperhatikan ataupun dalam keadaan kosong, akan menyebabkan penurunan pada kualitas bahan bakar.

READ  5 Manfaat Gula Semut Untuk Kesehatan Tubuh Anda | sarilegen.com

 

6. Mengecek Komponen Listrik dan Cabut Kutub Aki

Komponen-komponen listrik pada mobil juga perlu untuk diperhatikan, karena akan sangat rawan apabila  jarang digunakan. Anda bisa mencabut kabel aki supaya dapat mengurangi resiko kehilangan daya atau bahkan kerusakan.

Ketika akan mencabut aki, pastikan anda mecabut kabel negatif terlebih dahulu lalu barulah mencabut kabel positif. Untuk memasang kembali, anda dapat memasang kabel positif terlebih dahulu lalu barulah memasang kabel negatif.

 

Penutup

Seperti itulah beberapa cara untuk merawat mobil yang jarang dipakai beserta penjelasannya. Kami juga akan membagikan informasi kepada anda semuanya apabila ingin membeli mobil tetapi memiliki budget yang minim, anda bisa menggunakan jasa Kredit Innova. Sekian ulasan yang bisa kami sampikan kepada anda semuanya, dan semoga cara ini bermanfaat untuk anda semuanya.