Jenis - jenis Sumber Daya Alam (SDA) Dan Macam dan Contohnya - Pengertian sumber daya alam pada umumnya ialah segala hal yang berasal dari alam

Jenis – jenis Sumber Daya Alam (SDA) Dan Macam dan Contohnya – Pengertian sumber daya alam pada umumnya ialah segala hal yang berasal dari alam yang bisa digunakan untuk penuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) di pakai untuk penuhi kebutuhan manusia. Jenis-jenis sumber daya alam pada umumnya dibagi jadi sumber daya alam yang bisa dikembangkan dan yang tidak bisa dikembangkan.

Dapat di katakan bila sumber daya alam ialah segala hal yang dari alam yang dapat dipakai untuk kebutuhan manusia. Ini mencakup komponen biotik atau makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan, dan elemen abiotik atau benda mati seperti udara, angin, tanah sampai bahan tambang.

Ada beberapa contoh sumber daya alam yang sering kita jumpai di kehidupan setiap hari, misalkan seperti air, angin, tanah, cahaya matahari, dan hewan dan tumbuhan. yakin manfaat sumber daya alam sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia dan untuk penuhi kebutuhan manusia di kehidupan sehari-hari. Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai pendidikan lainnya di Blog Pendidikan Terbaik.

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

umum, sumber daya alam dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sumber daya alam yang bisa di perbarui dan sumber daya alam yang tidak bisa di perbarui.

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang bisa merupakan jenis sumber daya alam yang bisa digunakan berkali-kali dan tidak habis, karena bisa dikembangkan oleh alam secara terus-terusan.

Walau demikian, penggunaan sumber daya alam yang bisa ditingkatkan pun tidak bisa dieksploitasi terlalu berlebih dan harus dilakukan pelestarian juga.

Contoh sumber daya alam yang bisa diketemukan misalkan hewan, tumbuhan, cahaya, air, tanah, angin, dan sebagainya.

READ  Cara Memilih Jasa Sedot WC Yang Bisa Dipercaya

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak bisa ditemukan sebagai jenis sumber daya alam yang banyaknya terbatas hingga bisa habis atau dipakai secara terus menerus oleh manusia.

Jenis sumber daya alam ini tidak bisa diperbaharui dan jumlahnya benar-benar terbatas, hingga digunakan sebaik mungkin.

Contoh sumber daya alam yang tidak bisa dikembangkan misalkan ialah batu bara, logam, minyak bumi, produk tambang, dan sebagainya.

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Selainnya klasifikasi di atas, ada banyak macam sumber daya alam yang dilihat dari beragam factor seperti sumbernya, nilai ekonomisnya, lokasinya, proses pembentukannya sampai jenis-jenisnya.

Macam-Macam Sumber Daya Alam Berdasarkan Sumbernya

Sumber daya alam biotik (hayati)

Yaitu jenis sumber daya alam yang dari makhluk hidup atau organisme. Misalnya ialah hewan dan tumbuhan.

Sumber daya alam abiotik (non-hayati)

Yaitu jenis sumber daya alam yang dari benda mati atau beberapa unsur abiotik. Misalnya yaitu udara, tanah, angin, cahaya matahari, dan lain-lain.

Macam-Macam Sumber Daya Alam Berdasarkan Nilai Ekonomisnya

Sumber daya alam ekonomis

Yaitu tipe sumber daya alam yang tidak bisa didapat secara gratis dan dapat diperjualbelikan. Misalnya seperti tambang, emas, perak, logam, minyak bumi, dan lain-lain.

Sumber daya alam non-ekonomis

Yaitu jenis sumber daya alam yang dapat didapat secara gratis dan cuma-cuma. Misalnya seperti cahaya matahari, tanah, angin, dan lain-lain.

Macam-Macam Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasinya

Sumber daya alam akuatik

yaitu jenis sumber daya alam yang didapatkan dari perairan daerah. Misalnya seperti ikan, air, tumbuhan air, gelombang, dan lain-lain.

Sumber daya alam terestial

yaitu tipe sumber daya alam yang didapat dari daerah dataran. Misalnya seperti hewan darat, bahan tambang, tanah, rimba, dan lain-lain.

READ  Ciri-Ciri Akun Facebook Messenger Dihapus oleh FB

Macam-Macam Sumber Daya Alam Berdasar Proses Pembentukannya

Sumber daya alam materi

yaitu jenis sumber daya alam yang berbentuk benda mati dan dapat didapat langsung dari alam lewat proses tambahan atau pemrosesan tertentu. Misalnya ialah batu bara, logam, minyak bumi, dan lain-lain.

Sumber daya alam energi

yaitu jenis sumber daya alam yang bisa hasilkan energi dan digunakan untuk kebutuhan hidup manusia. Misalnya ialah udara, angin, cahaya matahari, batu bara, dan lain-lain.

Sumber daya alam ruang

yaitu jenis sumber daya alam yang berbentuk tempat, ruangan, atau daerah tertentu. Misalnya ialah daerah pantai, dataran rendah, rimba, ekosistem, dan lain-lain.

Sumber daya alam waktu

yaitu jenis sumber daya alam yang kehadirannya bergantung waktu atau musim. Misalnya ialah air saat musim kemarau sedikit, tetapi saat musim penghujan benar-benar berlimpah.

Penutup

Demikianlah informasi artikel mengenai Jenis – jenis Sumber Daya Alam (SDA) Dan Macam dan Contohnya. Baca juga artikel mengenai Kumpulan Materi Sains. Mudah-mudahan dapat menambahkan wawasan para pembaca