Pengertian Undangan : Manfaat dan Jenisnya

Pengertian Undangan : Manfaat dan Jenisnya – Surat undangan adalah surat yang di tulis untuk mengundang orang ke acara tertentu. Dapat berupa resmi atau tidak resmi.

Surat undangan bisa di tulis pribadi atau organisasi. Tujuan surat undangan untuk mengatur jumlah posisi para tamu sekian hari saat sebelum tanggal acara.

Dalam buku Pedoman Surat-Menyurat (1985) oleh Maman Sumantri dan teman-teman, surat undangan yaitu surat pernyataan yang minta pihak lain untuk tiba pada waktu, tempat, dan acara yang sudah di tentukan.

Surat undangan umumnya di buat dengan jumlah banyak. Proses pembuatan blanko undangan bisa di tangani dengan distensil. Sehingga pihak yang membuat undangan cukup tuliskan alamat orang atau pihak yang dituju.

Ingat jumlah undangan yang banyak, penandatanagan surat undangan semacam itu bisa di kerjakan dengan cap tangan. Hingga percepat pembuatan undangan.

Jenis-jenis surat undangan

Berikut ini adalah beberapa jenis surat undangan :

Surat undangan pribadi (tidak resmi)

Surat undangan pribadi ialah surat permintaan untuk menghadiri acara kekeluargaan atau acara keluarga. Misalkan undangan khitanan, acara pesta ulang tahun, pernikahan, dan yang lain.

Surat undangan pribadi, umumnya mengatasnamakan perseorangan yang di tujukan ke perorangan untuk kebutuhan perorangan.

Surat undangan setengah resmi

Surat undangan setengah resmi sebagai undangan yang mengatasnamakan perorangan yang di peruntukkan ke perorangan atau lembaga ataupun organisasi.

Contoh undangan setengah resmi, seperti undangan rapat keluarga, sukuran, rapat RT atau rapat pemuda, dan yang lain.

Surat undangan resmi

Surat undangan resmi yakni undangan yang dibselenggarakan antar instansi atau organisasi untuk kebutuhan dinas. Sifat undangan resmi untuk kebutuhan hubungan kedinasan atau bisnis.

Contoh undangan resmi, yaitu surat undangan rapat umum pemegang saham, pertemuan, usaha, undangan dinas, dan yang lain.

READ  Cara Upgrade Account Zoom ke Pro Tanpa Kartu Credit dan Paypal

Tidak seperti undangan pribadi, surat undangan resmi harus memberikan kepala surat, nomor surat, dan tujuan undangan. Nama tubuh atau perseorangan yang mendapatkan undangan harus juga di sebutkan.

Dalam surat undangan resmi, nama orang yang bertanggungjawab atas surat undangan resmi harus tercantum lengkap dengan kedudukannya.

Hal itu penting, karena nama dan kedudukan mengimplikasikan berapa penting pertemuan yang bakal diadakan.

Di samping itu, untuk surat undangan resmi harus membubui cap atau stempel dari lembaga yang berkaitan sesuai posisi pejabat yang berkuasa dalam instansinya.

3 Manfaat Surat undangan Resmi

Berikut ini manfaat surat undangan resmi :

1. Sebagai sarana info atau pemberitahuan berkenaan beberapa hal tertentu yang di katakan oleh satu pihak pada pihak yang lain, misalkan penyampaian gagasan atau pertimbangan.

2. sebagai bukti tertulis (otentik) berbentuk document di mana di dalamnya bisa di percaya dan di pertanggung jawabkan.

3. Sabagai alat untuk pengingat untuk si yang menerima surat baik itu perseorangan, organisasi, atau instansi. Itu penyebabnya surat resmi perlu di fdokumentasikan agar di pakai sebagai data di masa datang.

Itulah tadi informasi mengenai seputar undangan. Dengan begitu Anda sekarang bisa mengetahui apasih sebenarnya undangan itu. Jika Anda juga ingin mengetahui informasi mengenai blanko, Anda bisa mengecek di https://www.blangkoundangan.com/. Demikian artikel di atas, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Jika ada kesalahan mohon maaf.